Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar atau yang biasa dikenal dengan sebutan LKTD merupakan sebuah kegiatan, yang hampir selalu menjadi agenda rutin suatu organisasi. Khususnya organisasi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, salah satunya yakni Asisten laboratorium Teknik industri. Asisten Laboratorium (Aslab) adalah perkumpulan mahasiswa-mahasiswi yang aktif dan bersedia membantu kegiatan praktikum mahasiswa lainnya, dengan bertanggung jawab terhadap Laborat yang bersangkutan. Untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan serta memperkuat persaudaraan para aslab, maka dilaksanakan LKTD Asleb teknik industri. Yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 1 Juli 2017 di lab komputer. Acara berlangsung mulai dari jam 8 pagi hingga pukul 6 sore.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah membangun etos kepemimpinan asisten laboratorium teknik industri. Karena menjadi seorang Aslab tidaklah mudah, sangat diperlukan kemampuan diri, kesiapan mental, dan loyalitas cukup tinggi terhadap tanggung jawab yang diterimanya. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini semangat para aslab dipupuk kembali, direfresh supaya siap dan mampu menyelesaian tugas-tugasnya.

Agenda acara LKTD Aslab Industri diawali dengan ngaji bersama, yaitu membaca qur’an bersama. Kemudian penyampaian materi tentang tutorial pengajaran yang benar dan baik oleh bu Atika, lalu materi tata kelola laboratorium unggul oleh bu Hana, dilanjutkan dengan materi kemuhammadiyahan oleh ibu Anis Fariha dan terakhir materi tentang tata cara penulisan laporan yang benar oleh bu Inggit. Acara cukup padat, akan tetapi terdapat banyak poin penting dari materi-materi yang telah diberikan, tentu akan sangat bermanfaat bagi para Aslab. Tidak hanya diikuti oleh Aslab aktif, LKTD ini juga dihadiri oleh alumni. Sharing pengalaman alumni dan juga games, dengan demikian diharapkan rasa kekeluargaan antar Aslab dapat terjalin dengan baik.

Dikutip dari nara sumber, yaitu laborat teknik industri Bu Inggit menyatakan bahwa kegiatan untuk Aslab tidak berhenti sampai kegiatan ini saja. Melainkan akan diberi pelatihan-pelatihan pendamping lainnya seperti pelatihan Solid Work, Minitab, seven tools, dan lain sebagainya. Dengan keahlian tersbut diharapkan Aslab dapat membantu mengajarkan mahasiswa lainnya untuk menggunakan program-progam tersebut. Sebab keahlian khusus tersebut akan sangat berguna dalam pembelajaraan saat kuliah, atau hingga diaplikasikan di dunia kerja sesungguhnya. Jadi dengan berlangsungnya kegiatan ini semoga etos kerja dan kepemimpinan para Aslab dapat terpupuk dengan baik. Semangat!! (Penulis: yolanda, Reporter: Ichsan)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *