Kamis, 21 Desember 2017, bertempat di lantai 2 gedung Fakultas Teknik telah diadakan kegiatan kuliah tamu, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI). Kuliah tamu tersbut diikuti seluruh mahasiswa teknik industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo semester 5 dan 7. Dengan pembahasan mengenai seluk beluk standart ISO 14001;2015 dan 22000. Mendatangkan dua orang pembicara hebat dari alumni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sendiri, yaitu Abdul Roafic ST dan Susila Hadi Pradita.S. Psi., ST.

Mas Roafic panggilan akrab salah satu pembicara tersebut,adalah seorang auditor standarisasi ISO, dan pada kesempatan baik ini beliau akan sharing kepada mahasiswa industri bagaimana pengalamannya mengimplementasikan Standart ISO di dunia kerja sesungguhnya. ISO 14001;2015 merupakan standart yang dapat diterapkan perusahaan untuk manajemen pemeliharaan likungan perusahaan, salah satunya adalah pengolahan limbah.

.Untuk mendapat standart ISO tidak mudah, banyak persyaratan yang harus dilengkapi oleh perusahaan. Beberapa diantaranya adalah penentuan lingkup sistem manajemen lingkungan (klausul 4.3), membentuk kebijakan lingkungan (klausul 5.2), menyusun kriteria untuk evaluasi aspek lingkungan yang signifikan (klausul 6.1.2), aspek lingkungan dengan dampak lingkungan yang terkait (klausul 6.1.2), aspek yang lingkungan signifikan (klausul 6.1.2), membuat sasaran Lingkungan dan rencana pencapaian (klausul 6.2), melakukan pengendalian operasional (klausul 8.1),serta merancang kesiapan dan tanggap darurat (klausul 8.2) dan masih banyak persyaratan lainnya.

Dilihat dari persyaratan diatas tentunya sangat perlu dipersiapkan dan dilengkapi oleh perusahaan untuk mengajukan standart ISO. Salah satu dokumen yang sangat penting adalah AMDAL, persyaratan tersebut diterbitkan oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) disetiap daerah masing-masing. Peran dan Kontribusi dari BLH sangat penting mengingat BLH adalah salah satu badan pengawas tentang lingkungan hidup.Dan tentunya juga ada terkaitan erat antara BLH dan konsultan Standart ISO. Dua badan usaha ini harus saling berkesinambungan dalam melakukan pengawasan bagi perusahaan yang sudah mendapatkan standart ISO guna mengurangi angka dari pelanggaran lingkungan yang kerap terjadi.

Setelah mendapatkan pengetahuan tentang stadart ISO 14001, lalu di tambahkan oleh pemateri kedua yaitu Bpk. Susila Hadi Pradita.S. Psi., ST. dengan pembahasan mengenai standart keamanan pangan atau ISO 22000. Mas Didit sapaan beliau, bekerja di PT.Sumber bening (Flow) salah satu perusahaan yang bergerak di bidang air mineral. Ia menuturkan bahwa tidak ada ilmu yang didapat saat duduk di bangku perkuliahan itu yang sia-sia, jadi kegiatan kuliah tamu semacam ini sangat penting diikuti sebagai bekal.

Dalam standart pangan ada berbagai hal yang dapat kita pelajari, salah satunya tentang cara mengetahui makanan atau minuman tersebut layak untuk di konsumsi. Cara untuk mengidentifikasi bahwa makanan atau minuman tersebut sudah aman dan telah memenuhi standart dapat dikenali dari kemasannya. Karena didalam kemasan yang baik pasti tertera tanggal kadaluarsa, dengan demikian dapat diketahui umur produk tersbut, aman tidaknya untuk dikonsumsi. Kemudian tidak hanya itu saja,ada hal lain yang sebaiknya tercantum didalam kemasan yaitu kode produksi dan standart halal.

Dalam acara kuliah tamu tersebut peserta sangat serius memperhatikan pemateri, bahkan saat diberi kesempatan untuk bertanya banyak sekali peserta yang antusias. Salah satunya dari Awang, ia bertanya kepada mas Roafic apabila perusahaan yang telah mendapatkan Standart ISO 14001;2015, bila melakukan pelanggaran apakah ijin ISO nya akan di cabut? Dengan gamblang pembicara menjawab jika ada perusahaan yang telah melakukan pelanggaran untuk ijin ISO nya tidak serta merta langsung di cabut, melaikan ada mekanisme atau tahapannya salah satu nya adalah memeberikan batas waktu bagi perusahaan tersebut untuk memperbaikan kesalahan atau kelalaiannya. Kemudian pertanyaan dari Rizky mahasiswa semester 5 bertanya mengenai apakah ada aturan khusus untuk warna botol minuman? Dan dijawab dengan jelas oleh mas didit bahwa tidak ada aturan khusus, dengan sedikit tambahan dari moderator bahwa biasanya kode kusus itu pada obat.

Diakhir acara moderator dan pembicara memberikan banyak motivasi untuk peserta. Ditekankan pada fight yaitu berjuang, dengan makna kita sebagai calon sarjana lulusan Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo harus siap bersaing di dunia kerja sesungguhnya. Semangat!! (Yolanda)

 

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *