Alumni Sukses

Pratisia Kurniawati, ST.

Alumni Teknik Industri Umsida Angkatan 2010

Sukses menjadi entrepreneur tas berbasis di Gempol, Pasuruan

Memulai bisnis tas dengan berjualan tas di pasar. Kini ia juga merupakan produsen dari tas maupun dompet yang ia jual. Hingga saat ini ‘Grosir Tas Gempol’ telah memiliki banyak karyawan dan omzet yang sangat memuaskan. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa lulusan Teknik Industri bisa sukses menjadi pebisnis, tidak hanya sebagai karyawan/pegawai saja. Bahkan pada 13 Februari 2022, Grosis Tas Gempol membuka cabang di Ponorogo.

Rudi Nurdiansyah, S.T., M.T

Alumni Teknik Industri Umsida Angkatan 2004

Kini menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Teknik Industri di salah satu PTN di Malang

Setalah lulus Sarjana Strata Satu dari Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada tahun 2008 ia melanjutkan S2 Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Periode 2009-2012. Tidak sampai di situ ia kembali melanjutkan studinya ke jenjang S3 di Institute of Industrial Engineering, National Taiwan University sejak 2017-sekarang. Selain itu ia pernah menjabat sebagai Kepala kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan 2019-2021 dan Ketua LazisMu Taiwan 2021-2023. Serta saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Ifan Susanto ST., M.MT., IPM

Alumni Teknik Industri Angkatan 2005

Assisten Manager Departemen Manufacturing Central Project (MCP) di PT. Platinum Ceramics Industry

Ifan Susanto ST., M.MT., IPM., menempuh pendidikan Sarjana strata satu (S1) di Prodi Teknik Industri Umsida dari 2005-2009. Kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana  di Magister Manajemen Teknologi (MMT) dengan konsentrasi bidang keahlian Manajemen Proyek di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) 2019. Ia aktif di berbagai organisasi profesi seperti Badan Kejuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII) dengan gelar Insinyur Profesional Madya (IPM) serta pernah menjadi ketua Serikat Pekerja Boma Bisma Indra 2020-2022 di lingkungan BUMN. Keaktifannya dalam organisasi sudah terlihat sejak di bangku perkuliahan, contohnya saja dalam korp instruktur BEM Universitas sekaligus pernah menjabat sebagai ketua di Tahun 2007-2008, anggota BEM Fakultas dan Himpunan Jurusan Teknik Industri (HMTI). Tidak hanya itu ia pernah ditunjuk sebagai delegasi dari Umsida dalam LKMM Nasional 2008 di Malang, delegasi Teknik Industri Umsida dalam kongres Nasional IMTII 2009 di bandung.

Jejak karir Ifan Susanto ST., M.MT., IPM. yaitu pernah menjabat sebagai Engineering Manager di PT. Boma Bisma Indra (Persero) sebuah perusahaan di bawah naungan BUMN yang bergerak di bidang permesinan industri dan manajemen proyek dari 2021-2022. Kemudian ia melanjutkan karirnya di PT. Platinum Ceramics Industry sebagai Assisten Manager Departemen Manufacturing Central Project (MCP) sejak 2022-Sekarang.

Titis Wulandari, ST.

Alumni Teknik Industri Umsida Angkatan 2018

Kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mustahil selama ada niat, tekat, dan kegigihan

Titis Wulandari, ST. merupakan salah satu alumni mahasiswa teknik industri angkatan 2018 yang menjalani masa kuliah sekaligus berkerja. Anggapan bahwa kuliah dan bekerja adalah dua hal yang sulit dilakukan secara bersamaan hanyalah sebuah persepsi yang sifatnya pesimistif. Ia berhasil lulus kuliah tepat waktu dan urusan pekerjaan tetap terlaksana dengan baik merupakan bukti nyata bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika ada niat, tekat, dan aksi nyata yang gigih.

Ia bekerja di PT. Wonokoyo Jaya Corporindo sejak tahun 2013-2015 di departemen Quality Control (QC), sejak 2015-2017 berganti jabatan sebagai Supervisor di warehouse department. Tidak hanya berhenti di situ saja, di tahun 2017-2021 ia menduduki jabatan sebagai Head of Warehouse, kemudian di tahun 2021-2022 beralih menjadi Head of Quality Control Department, jejak karir terbaru yaitu sejak 2022-sekarang ia menduduki jabatan sebagai Head of Production Department.

Hendro Pranoto, ST.

Alumni Teknik Industri Angkatan 2013

Jatuh Bangun Memperjuangkan Kuliah Sampai Lulus

Hendro Pranoto, ST. merupakan salah satu alumni mahasiswa Prodi Teknik Industri yang berkuliah sambil bekerja. Menempuh pendidikan S1 di usia 37, namun ia membuktikan bahwa usia bukanlah sebuah hambatan untuk menuntut ilmu. Ia bercerita bahwa di semester 1-4 tidak menemukan kendala, lancar jaya, namu begitu  semester 5 tiba ia mulai menemukan banyak hambatan baik di perkuliahan maupun di kantor tempat ia bekerja hingga membuatnya hampir menyerah untuk memutus perkuliahan di Umsida. Namun, pada akhirnya ia memilih untuk tidak menyerah hingga akhirnya bisa lulus.

Jejak karirnya berawal di PT Varia Usaha Beton tahun 1995 di departemen Quality Control (QC). Pada Tahun 2008 ia diangkat menjadi Supervisor QC untuk Plant Gresik. Kemudian di Tahun 2010 mutasi ke Plant Tuban dengan jabatan yang sama untuk proyek pembangunan pabrik Semen Gresik tahap IV. Pada Tahun 2012 menjadi Kepala Plant proyek SABODAM (penahan banjir lahar dingin gunung Merapi), ia harus bertanggung jawab atas 2 plant sekaligus yaitu di Senowo dan Trising, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di Tahun 2013 kembali dimutasi menjadi Kepala Plant Proyek Tol Porong-Gempol.  Tidak berhenti di situ, pada tahun 2015 menjadi KPH Plant Kudus, dan Kepala Plant proyek pembangunan Pabrik Semen Gresik di Rembang Jawa Tengah, bertanggung jawab atas 2 Plant. Di tahun yang sama kembali dimutasi menjadi Kepala Plant proyek Tol Bawen – Salatiga, Jawa Tengah, bertanggung jawab atas 2 plant di Tuntang dan Pabelan. Di Tahun 2016 mutasi menjadi Kepala Plant Solo Jawa Tengah, namun pada tahun 2017 ia harus kembali ke Surabaya dan bertanggung jawab atas 3 plant yaitu Plant Waru, Tambak Oso dan Karangpilang. Baru pada Tahun 2021 ia menjadi Kepala Bagian Pengadaan dan Pergudangan di PT Varia Usaha Beton sampai saat ini. Ia bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan bahan baku, sparepart maupun jasa untuk semua wilayah PT Varia Usaha Beton di Indonesia.