• Alumni
  • Alumni

Press Released: Seminar Nasional Teknik Industri “Pengembangan Strategi Desain Kemasan dan Branding Produk UMKM”

Sidoarjo, Minggu, 19 Juni 2022. Sekitar 100 peserta hadir dalam Seminar Teknik Industri yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bertempat di Aula kampus 2 Gedung GKB 4 Lantai 4 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Seminar Nasional ini mengambil tema “Pengembangan Strategi Desain Kemasan dan Branding Produk UMKM” yang dibuka oleh pembicara acara yaitu Inggrit Ananda R dan Khaerul Iman ST., selaku Direktur PT. Mutiara Cemerlang Teknologi. Seminar ini juga dihadiri oleh Tedjo Sukmono, ST., MT., selaku kaprodi teknik industri dan Wiwik Sulistiyowati, ST., MT., selaku dosen teknik industri.

Adinda Syakina Setiawan, selaku ketua panitia seminar menyampaikan bahwa pelaksanaan seminar kali ini merupakan bentuk aktualisasi mata kuliah perencanaan dan perancangan produk. Ia berharap agar para mahasiswa teknik industri paham seputar menciptakan brand product yang memiliki daya saing di era persaingan bran-brand product kreatif saat ini. Wiwik Sulistyowati., ST., MT, selaku dosen Teknik Industri sekaligus pembicara utama seminar nasional ini mempresentasikan materinya dengan judul “Penguatan Produk UMKM melalui StrategyBranding dan Legalitas Usaha”. Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya branding produk bisa memperkuat dan mempertahankan brand saat ini dengan membangun strategi melalui media sosial, marketing video, atau melalui eventevent yang menarik. Selain itu juga beliau menuturkan bahwa legalitas usaha sangat diperlukan untuk mengesahkan usaha sehingga diakui oleh masyarakat luas.

Sebagai pembicara kedua, Khaerul Iman ST, yang juga menjabat sebagai Direktur PT. Mutiara Cemerlang Teknologi, mempresentasikan materinya dengan judul “Go Digital dalam Branding Produk”. Pada pemapaparan materinya beliau menyampaikan bahwa tahapan dalam branding ada 4, yaitu meliputi identitas, desain, strategi, dan marketing. Tidak hanya itu, keuntungan dengan adanya website atau company profile dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan kreadibilitas perusahaan serta biaya promosi digital menjadi lebih mudah.

(Edo, Frilla)

Related Posts

Leave a Reply